Daftar Istilah di Setting Grafis Game PC
Dibanding game yang dijalankan di konsol, game PC memiliki kelebihan berupa opsi pengaturan grafis yang jauh lebih beragam dan fleksibel. Hal-hal mulai dari resolusi, refresh rate, kualitas tekstur, hingga aneka efek cahaya dan penggunaan memori bisa diatur sesuai kehendak agar tampilan dan kinerja game cocok dengan sistem yang dimiliki.
Berikut ini adalah daftar istilah di setting grafis game PC:
- Anti-aliasing: Teknik menghaluskan pinggiran obyek dalam game agar tidak tampak bergerigi.
- Anisotropic filtering: Metode texture filtering untuk menghaluskan tampilan tekstur saat dilihat dengan sudut miring dari kamera.
- Ambient occlusion: Teknik pencahayaan yang memungkinkan obyek dalam game menghalangi cahaya dan menghasilkan bayangan.
- Global illumination: Teknik pencahayaan yang menyertakan semua sumber cahaya dalam sebuah scene.
- LoD (Level of Detail): Pengaturan seberapa jauh detil rendering obyek akan diturunkan apabila berjarak dari kamera.
- Ray-tracing: Teknik pencahayaan yang mengkalkulasi pancaran dari setiap sumber cahaya dalam scene untuk mereproduksi efek refleksi, bayangan, dan global illumination secara realistis.
- Screen Space Shadow and Reflections: Teknik untuk penerapan pantulan cahaya dan/atau bayangan hanya untuk obyek-obyek yang terlihat kamera saja.
- Shader: Program yang dijalankan oleh GPU (kartu grafis).
- Tesselation: Tingkat kompleksitas triangle yang membentuk bangun polygon untuk obyek tiga dimensi.
- Variable Rate Shading: Teknik di mana kompleksitas shader bervariasi untuk bagian-bagian scene agar mendongkrak kinerja selagi mempertahankan kualitas gambar.
Semua istilah ini memiliki pengaruh pada penampilan visual dan kinerja game PC.
Tinggalkan komentar
Alamat email kamu tidak akan ditampilkan
Komentar (0)